Berikut ini adalah standar kelulusan atau SKL yang akan sangat membantun anda dalam menghadapi ujian nasional. Skl ini akan sangat membantu anda karena SKL ini sudah mencakup semua yang akan keluar di Ujian nasional
KISI-KISI BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)
KISI-KISI
BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)
INDIKATOR
|
||
1.
|
Memahami
hakikat biologi sebagai
ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah. |
Menjelaskan
objek dan permasalahan Biologi.
|
2.
|
Menjelaskan
ciri-ciri makhluk hidup
dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya. |
Mengidentifikasi
ciri-ciri organisme dari kelompok
protista/jamur. |
Mengidentifikasi
peran virus/Archaebacteria/
Eubacteria bagi kehidupan manusia. |
||
Menentukan
dasar pengelompokan mahluk hidup.
|
||
Menjelaskan
tujuan dari upaya pelestarian
keanekaragaman hayati tertentu. |
||
Mengidentifikasi
invertebrata berdasarkan ciri-
cirinya. |
||
Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan
invertebrata. |
||
Mengidentifikasi
ciri-ciri kelompok hewan/tumbuhan.
|
||
3.
|
Menganalisis
hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta
peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
|
Menganalisis
hubungan antar komponen ekosistem.
|
Menjelaskan
aliran energi atau daur biogeokimia.
|
||
Menjelaskan
keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran
lingkungan .
|
||
4.
|
Menjelaskan
struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
|
Menjelaskan
struktur sel/komponen kimiawi sel/ proses yang terjadi pada sel.
|
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan.
|
||
Mengidentifikasi
jaringan tumbuhan/hewan sesuai fungsinya.
|
||
5.
|
Menjelaskan
struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang
mungkin terjadi pada organ tersebut.
|
Menjelaskan
mekanisme gerak otot dan tulang/ sendi pada manusia.
|
Menjelaskan
sistem peredaran darah pada manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem pencernaan makanan pada manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem pernapasan pada manusia/ gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem ekskresi pada manusia/ gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem regulasi pada manusia.
|
||
Menjelaskan
sistem indera pada manusia.
|
||
Menjelaskan
sistem reproduksi manusia.
|
||
6.
|
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang
terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan/ pengamatan.
|
Menginterpretasi
hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan
proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis.
|
Menjelaskan
ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses metabolisme tubuh.
|
Menjelaskan
proses metabolisme karbohidrat.
|
||
Menjelaskan
tahapan proses fotosintesis pada tumbuhan.
|
||
Menjelaskan
proses kemosintesis (respirasi anaerob).
|
||
8.
|
Memahami
konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip- prinsip
hereditas dan peristiwa mutasi.
|
Menentukan
susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
|
Menjabarkan
proses sintesis protein.
|
||
Menjelaskan
tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.
|
||
Menginterpretasikan
persilangan dengan hukum Mendel.
|
||
Menginterpretasi
persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
|
||
Mengidentifikasi
pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
|
||
Mengidentifikasi
peristiwa mutasi.
|
||
9.
|
Menjelaskan
teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
|
Menjelaskan
teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
|
Menjelaskan
prinsip-prinsip penting pada mekanisme evolusi.
|
||
10.
|
Menjelaskan
prinsip-prinsip dan peranan bioteknologi pada saling temas.
|
Menjelaskan
peran bioteknologi.
|
Menjelaskan
contoh bioteknologi konvensional/modern.
|
||
Menjelaskan
dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.
|
0 komentar:
Posting Komentar