KISI-KISI BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)
INDIKATOR
|
||
1.
|
Memahami
hakikat biologi sebagai
ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah. |
Menjelaskan
objek dan permasalahan Biologi.
|
2.
|
Menjelaskan
ciri-ciri makhluk hidup
dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya. |
Mengidentifikasi
ciri-ciri organisme dari kelompok
protista/jamur. |
Mengidentifikasi
peran virus/Archaebacteria/
Eubacteria bagi kehidupan manusia. |
||
Menentukan
dasar pengelompokan mahluk hidup.
|
||
Menjelaskan
tujuan dari upaya pelestarian
keanekaragaman hayati tertentu. |
||
Mengidentifikasi
invertebrata berdasarkan ciri-
cirinya. |
||
Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan
invertebrata. |
||
Mengidentifikasi
ciri-ciri kelompok hewan/tumbuhan.
|
||
3.
|
Menganalisis
hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta
peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
|
Menganalisis
hubungan antar komponen ekosistem.
|
Menjelaskan
aliran energi atau daur biogeokimia.
|
||
Menjelaskan
keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran
lingkungan .
|
||
4.
|
Menjelaskan
struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
|
Menjelaskan
struktur sel/komponen kimiawi sel/ proses yang terjadi pada sel.
|
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan.
|
||
Mengidentifikasi
jaringan tumbuhan/hewan sesuai fungsinya.
|
||
5.
|
Menjelaskan
struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang
mungkin terjadi pada organ tersebut.
|
Menjelaskan
mekanisme gerak otot dan tulang/ sendi pada manusia.
|
Menjelaskan
sistem peredaran darah pada manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem pencernaan makanan pada manusia/gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem pernapasan pada manusia/ gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem ekskresi pada manusia/ gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem regulasi pada manusia.
|
||
Menjelaskan
sistem indera pada manusia.
|
||
Menjelaskan
sistem reproduksi manusia.
|
||
6.
|
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang
terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan/ pengamatan.
|
Menginterpretasi
hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan
proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis.
|
Menjelaskan
ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses metabolisme tubuh.
|
Menjelaskan
proses metabolisme karbohidrat.
|
||
Menjelaskan
tahapan proses fotosintesis pada tumbuhan.
|
||
Menjelaskan
proses kemosintesis (respirasi anaerob).
|
||
8.
|
Memahami
konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip- prinsip
hereditas dan peristiwa mutasi.
|
Menentukan
susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
|
Menjabarkan
proses sintesis protein.
|
||
Menjelaskan
tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.
|
||
Menginterpretasikan
persilangan dengan hukum Mendel.
|
||
Menginterpretasi
persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
|
||
Mengidentifikasi
pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
|
||
Mengidentifikasi
peristiwa mutasi.
|
||
9.
|
Menjelaskan
teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
|
Menjelaskan
teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
|
Menjelaskan
prinsip-prinsip penting pada mekanisme evolusi.
|
||
10.
|
Menjelaskan
prinsip-prinsip dan peranan bioteknologi pada saling temas.
|
Menjelaskan
peran bioteknologi.
|
Menjelaskan
contoh bioteknologi konvensional/modern.
|
||
Menjelaskan
dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.
|